-->

Makalah: Menampilkan Perilaku Apresiatif Terhadap Keunikan Gagasan Dan Teknik Seni Rupa Murni Asia

Apresiasi seni rupa murni yakni kegiatan mengindra karya seni rupa murni, merasakan, menikmati, menghayati, dan menghargai nilai-nilai keindahan dalam karya seni. Menurut Brent G. Wilson, apresiasi seni mempunyai tiga domain yaitu perasaan (keindahan), evaluasi (menilai seni), dan tenggang rasa (hormat terhadap dunia seni rupa). Kegiatan apresiasi sanggup ditunjukkan dengan perilaku tenggang rasa berupa ungkapan kata-kata atau jawaban secara verbal atau tertulis.

Apresiasi seni rupa murni yakni kegiatan mengindra karya  Makalah: Menampilkan Sikap Apresiatif Terhadap Keunikan Gagasan dan Teknik Seni Rupa Murni Asiaseni rupa.

2. Pengantar Singkat Seni Rupa Murni Asia

Seni rupa murni Asia mempunyai ciri yang khas yaitu khas budaya Timur. Budaya Timur ini tentu saja berbeda dengan budaya Barat (Eropa dan Amerika). Tetapi tiap tempat di Asia mempunyai ciri khas tersendiri sehingga tampak menyerupai terbagi menjadi tiga kebudayaan yaitu Asia Timur, Asia Selatan, dan Timur Tengah. Karya seni rupa murni Asia mempunyai bermacam-macam bentuk dan jenis yang bermacam-macam diantaranya patung, lukisan, kaligrafi, kerajinan dari gerabah, kerajinan keramik, dan ukiran.

3. Mengapresiasi Gagasan Seni Rupa Murni Asia

Gagasan (ide) seni rupa murni Asia biasanya mempergunakan wangsit awal yaitu memakai materi baru. Contoh, penggunaan kayu, tanah liat, rotan, dan bambu yang masih gres dan bagus. Corak dalam seni rupa murni Asia juga lebih bervariasi. Orang Asia lebih menyukai seni yang dibentuk dengan sederhana atau minimalis.

4. Mengapresiasi Teknik Pembuatan Karya Seni Rupa Murni Asia

Teknik pembuatan karya seni rupa murni Asia biasanya hanya memakai tangan terampil atau alat-alat berteknologi rendah (tradisional). Teknik yang umum dipakai atau teknik butsir, cetak, cor, sambung, dan pahat. Karya seni yang diciptakan biasanya mempunyai tingkat presisi yang manis alasannya yakni dikerjakan dengan teliti dan hati-hati.


Sumber:

  1. Materi Seni Budaya Kelas XII semester Genap ( /search?q=seni-rupa-murni-artikel-lengkap)
  2. Keunikan Gagasan dan Teknik dalam Karya Seni Rupa Terapan di Wilayah Nusantara ( /search?q=seni-rupa-murni-artikel-lengkap)
  3. Keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa terapan tempat setempat (https://mbyarts.wordpress.com/2010/12/02/keunikan-gagasan-dan-teknik-karya-seni-rupa-terapan-daerah-setempat/)


Anda sanggup request artikel wacana apa saja, kirimkan request Anda ke atau eksklusif saja lewat kolom komentar :)

Previous
Next Post »