-->

Pengertian Denah, Tujuan, Ciri, Unsur & Pola Cara Menciptakan Denah

Denah. Denah merupakan teknik komunikasi yang tergolong dari jenis-jenis dalam cara grafis yang lebih menekankan pada efisiensi dengan mempelajari banyak sekali macam-macam atribut-atribut, elemen atau simbol-simbol yang terdapat dalam sketsa ibarat halnya cara-cara seseorang berkomunikasi dengan yang lainnya.

Denah juga merupakan sistem komunikasi. Denah mempunyai jaringan yang terbilang sederhana dimana terdiri dari unsur-unsur misalnya sumber gosip (source), kanal gosip (channel), dan si akseptor gosip (recipient). 

Pengertian Denah: Apa itu Denah?

Denah didefinisikan bahwa pengertian dena yaitu suatu citra ihwal letak suatu tempat. Denah mempunyai fungsi dan tujuan yang sangat bermanfaat bagi seseorang untuk mengetahui jenis-jenis suatu tempat. 

Terkadang setiap orang terlebih dahulu mencari gosip sesuatu terlebih lagi mencari tempat-tempat tertentu. Namun dengan adanya denah, sketsa memperlihatkan manfaat bagi setiap orang yang bertujuan membantu untuk mengetahui suatu letak kawasan dan banyak sekali ruangan yang terdapat dalam suatu gedung. 

Pengertian Denah Menurut Para Ahli

Selain pengertian sketsa diatas, terdapat beberapa pengertian sketsa yang dikemukakan oleh para ahli. Adapun pengertian sketsa berdasarkan para hebat yaitu sebagai berikut.. 

1. Pengertian Denah Menurut KBBI
Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) bahwa pengertian sketsa yaitu gambar yang memperlihatkan letak kota, jalan dan sebagainya; peta atau gambar rancangan yani rumah bangunan dan sebagainya.

2. Pengertian Denah Menurut Sukwarjono dan Sukoco
Menurut Sukwarjono dan Sukoco (1993: 2-5) bahwa sketsa tidak hanya terdiri dari fenomena geofrafikal saja tetapi lebih dari itu. 

3. Pengertian Denah Menurut Pendidikan Bahasa Indonesia via TVRI
Dalam siaran Pendidikan Bahasa Indonesia yang menayangkan mengenai bahan membaca sketsa oleh TVRI (22 Januari 2007 Pkl. 15.45) bahwa pengertian sketsa yaitu penyajian suatu tempat, ruangan, dan lokasi dalam bentuk gambar.

Tujuan Denah

Tujuan sketsa jikalau didesain sebaik mungkin sanggup berfungsi antara lain sebagai berikut:
  • Melaporkan
  • Memperagakan
  • Menganalisis
  • Pehamaman saling
  • hubungan (interelation) dari benda-benda (obyek) secara keruangan (spatial-relationship). 

Jenis-Jenis Denah

Berdasarkan tayangan Pendidikan Bahasa Indonesia di TVRI tersebut, sketsa diklasifikasikan kedalam dua jenis berdasarkan bentuknya.  Jenis-jenis sketsa tersebut yakni sketsa sederhana dan juga sketsa rumit. 
1. Denah Sederhana
Pengertian sketsa sederhana yaitu sketsa yang dibentuk kedalam bentuk mudah dan tidak dimuat secara resmi. Sedangkan contoh-contoh sketsa sederhana yaitu sketsa ruang perkantoran dan sketsa kawasan duduk siswa. 
2. Denah Rumit
Pengertian sketsa rumit yaitu sketsa yang dibentuk dengan tujuan kawasan atau lokasi yang mempunyai bentuk rumit untuk kepentingan sesuatu. Contoh-contoh sketsa tersebut yaitu sketsa kawasan wisata baturaden yang diterbitkan oleh dinas pariwisata Kabupaten Banyumas. 

Unsur-Unsur Denah 

Setiap sketsa mempunyai tujuan dan fungsi untuk memperlihatkan gosip kepada seluruh pembacanya. Sehingga dalam pembuatan sketsa mempunyai unsur-unsur yang harus dilengkapi. Kelengkapan unsur atau bagian-bagian sketsa tersebut mempunyai manfaat bagi pembaca dalam memudahkan pembaca untuk mengetahui gosip dari sketsa tersebut. Berdasarkan paparan kuliah yang dilakukan oleh karya Sandy (1986:2) dan melalui Siaran Pendidikan Bahasa Indonesia TVRI tersebut, maka unsur-unsur sketsa dibagi kedalam 6 bagian. Adapun unsur-unsur sketsa tersebut antara lain:

1. Judul Denah 
Judul merupakan hal yang mempunyai tugas penting dalam unsur denah. Denah harus diberi judul yang merupakan cerminan dari isi denah. Dalam peletakan unsur sketsa judul sanggup dimanapun, asalkan penempatan unsur sketsa ini tidak menggangu gosip dari sketsa atau mengganggu denah. Adapun beberapa peletakan unsur sketsa judul yakni sanggup diletakkan pada bab atas tengah di luar, bab atas kiri atau kanan luar.

2. Petunjuk arah mata angin
Petunjuk arah mata angin sebagai unsur dalam pembuatan sketsa atau bagian-bagian sketsa yang harus terpenuhi ini merupakan unsur yang mempunyai manfaat besar dalam memudahkan pembaca. Dengan petunjuk ini arah pembaca sanggup mengetahui utara, selatan, barat dan timur pada peta atau denah.

3.Lokasi atau tempat 
Unsur sketsa yang satu ini merupakan objek pembahasan akan suatu denah. Unsur sketsa lokasi atau kawasan berlaku wajib sebagai hal yang utama pada denah. Umumnya, lokasi atau kawasan yang dituju dalam sketsa dibedakan dari kawasan lainnya, ibarat gambar diperbesar, di atas gambar ditulis keterangan lokasi, maupun juga gambar lokasi yang diberi suatu warna berbeda.

4. Tempat yang gampang dikenali
Selain terdapat lokasi utama, untuk memudahkan pembaca sketsa dengan menemukan lokasi dalam denah, diharapkan lokasi yang gampang dikenali oleh sipembaca sebagai patokan dalam menuju objek lokasi. Beberapa hal yang sering dipakai yaitu masjid besar, kantor polisi, rumah sakit dll.

5. Nama-nama Jalan 
Pembacaan sketsa akan teramat gampang bagi si pembaca dengan dilengkapinya nama jalan yang harus dilewati untuk memudahkan pembaca menuju lokasi tujuan.

6. Arah menuju Lokasi

Selain nama jalan dan kawasan yang gampang dikenali, dalam sketsa juga terdapat arah menuju lokasi yang hendak dituju.

Selain itu terdapat juga beberapa unsur-unsur sketsa antara lain sebagai berikut..
  • Memiliki judul denah
  • Gambar umum lokasi
  • Gambaran arah mata angin yang mengarah ke utara 
  • Memiliki nama disetiap kawasan yang terdapat di gambar denah. 
Cara Membaca Denah
Adapun cara membaca sketsa yaitu sebagai berikut..
  1. Melihat dan membaca judul denah
  2. Mengamati keterangan berupa simbol pada denah
  3. Mengetahui kekerabatan bab sketsa misalnya jalan ataupun bangunan. 
  4. Isi segala hal yang ingin anda ketahui dari denah
  5. Membaca keseluruhan dari sketsa dalam mengetahui tanggapan yang terdapat dari banyak sekali pertanyaan yang diajukan. 
Contoh Denah

Pengertian Denah, Tujuan, Ciri, Unsur & Contoh Cara Membuat Denah

Demikianlah informasi Pengertian Denah, Tujuan, Ciri, Unsur & Contoh Cara Membuat Denah.  Semoga gosip ini menambah pengetahuan kita ihwal bagaimana bergotong-royong itu denah. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman.

Previous
Next Post »