-->

Definisi Komputer

Definisi Komputer - Komputer ialah alat yang digunakan untuk mengolah data berdasarkan mekanisme yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melaksanakan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini lalu dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan isu hampir langsung bekerjasama dengan problem aritmatika, tetapi komputer modern digunakan untuk banyak kiprah yang tidak bekerjasama dengan matematika. dilihat dari beberapa aspek. Istilah komputer mempunyai arti yang luas dan berbeda bagi setiap orang. Istilah komputer (computer) diambil dari bahasa Latin computare yang berarti menghitung (to compute atau to reckon).


Definisi komputer berdasarkan para ahli 

 ialah alat yang digunakan untuk mengolah data berdasarkan mekanisme yang telah dirumuskan Definisi Komputer

Menurut Blissmer (1985), komputer ialah suatu alat elektronik yang bisa melaksanakan beberapa tugas, yaitu mendapatkan input, memproses input sesuai dengan arahan yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.


Sedangkan berdasarkan Sanders (1985), komputer ialah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan sempurna serta dirancang dan diorganisasikan biar secara otomatis mendapatkan dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori. Dan masih banyak lagi mahir yang mencoba mendefinisikan secara berbeda perihal komputer. Namun, pada pada dasarnya sanggup disimpulkan bahwa komputer adalah
suatu peralatan elektronik yang sanggup mendapatkan input, mengolah input, menunjukkan informasi, memakai suatu aktivitas yang tersimpan di memori komputer, sanggup menyimpan aktivitas dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.


Dari definisi tersebut terdapat tiga istilah penting, yaitu input (data), pengolahan data, dan isu (output). Pengolahan data dengan memakai komputer dikenal dengan nama pengolahan data elektronik (PDE) atau elecronic data processing (EDP). Data ialah kumpulan bencana yang diangkat dari suatu kenyataan (fakta), sanggup berupa angka-angka, huruf, simbol-simbol khusus, atau adonan dari ketiganya. Data masih belum sanggup bercerita banyak sehingga perlu diolah lebih lanjut.


Pengolahan data merupakan suatu proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih mempunyai kegunaan dan lebih berati, yaitu berupa suatu informasi. Dengan demikian, isu ialah hasil dari suatu kegiatan pengolahan data yang menunjukkan bentuk yang lebih bermakna dari suatu fakta. Oleh sebab itu, pengolahan data elektronik ialah proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih bermakna berupa suatu isu dengan memakai suatu alat elektronik, yaitu komputer.


Menurut buku Computer Annual (Robert H.Blissmer), komputer ialah suatu alat elektronik yang bisa melaksanakan beberapa kiprah sebagai berikut :


  •     Menerima input
  •     Memproses input tadi sesuai dengan programmnya
  •     Menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
  •     Menyediakan output dalam bentuk informasi


Menurut buku Computer Today (Donald H.Sanders), komputer ialah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan sempurna serta dirancang dan diorganisasikan biar secara otomatis mendapatkan dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi-instruksi aktivitas yang tersimpan di memori (stored program).


Menurut buku Computer Organization (V.C. Hamacher, Z.G. Vranesic. S.G. Zaky), komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat sanggup mendapatkan isu input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu aktivitas yang tersimpan di memorinya (stored program) dan menghasilkan output informasi.


Menurut buku Introduction To The Computer, The Tool Of Busines (William M.Fouri), komputer adalah suatu pemroses data (data processor) yang sanggup melaksanakan perhitungan besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika, tanpa campur tangan dari insan mengoperasikan selama pemrosesan.


Menurut buku Introduction To Computers (Gordon B. Davis), komputer ialah tipe khusus alat penghitung yang mempunyai sifat tertentu yang pasti.


Dari beberapa definisi yang didapat dari aneka macam buku, sanggup disimpulkan bahwa komputer adalah :


  1.     Alat elektronik
  2.     Dapat mendapatkan input data
  3.     Dapat mengolah data
  4.     Dapat menunjukkan informasi
  5.     Menggunakan suatu aktivitas yang tersimpan di memori komputer (stored program)
  6.     Dapat menyimpan aktivitas dan hasil pengolahan
  7.     Bekerja secara otomatis


Sedangkan yang disebut dengan aktivitas ialah kumpulan arahan atau perintah terang yang sudah dipersiapkan biar komputer sanggup melaksanakan fungsinya dengan cara yang sudah tertentu. Seiring dengan perkembangan dunia teknologi maka mungkin saja Definisi Komputer itu sendiri akan mengalami perubahan sesuai dengan konteksnya nanti

Previous
Next Post »